Kamis, 09 Oktober 2008

Embun Jelaga

Embun Jelaga (Capnodium sp., Meliola spp.)

1) Tanaman inang : melati, jeruk, mangga, belimbing, mengkudu, jambu biji.



2) Gejala serangan



Embun jelaga menutupi permukaan atas daun melati (gambar 6). Apabila patogen tersebut membentuk lapisan merata adalah Capnodium sp., sedang yang membentuk kelompok-kelompok hitam berbulu adalah Meliola sp.

3) Epidemiologi

Miselium cendawan ini hanya terdapat di permukaan daun dan tidak masuk ke dalam jaringan. Untuk pertumbuhannya cendawan hanya memakan embun madu yang melekat pada daun.



Gambar 6. Gejala serangan Capnodium sp.
pada tanaman melati (F. Suhardi, Balithi)

Selaput hitam tipis pada permukaan daun tersebut terbentuk dari hifa yang menjalin dan menenun. Apabila udara kering selaput dapat lepas dari daun dan pecah menjadi bagian-bagian kecil yang terhembus angin dan beterbangan kemana-mana. Cendawan ini berkembang biak pada musim kemarau, sedang pada musim hujan berkurang, karena embun madunya tidak banyak. Tanaman di bawah naungan intensitas serangannya cenderung lebih besar.

4) Pengendalian

Kultur teknis

Mengurangi kelembaban kebun dengan mengatur jarak tanam dengan cara memangkas tanaman atau tunas yang tidak produktif.

Mekanis

- Memangkas daun yang terserang dan memusnahkannya

- Mengurangi populasi kutu daun penghasil sekresi sebagai media pertumbuhan cendawan.

Kimiawi

Sebelum aplikasi fungisida dilakukan pemantauan OPT, dan aplikasinya apabila diperlukan. Pestisida yang telah terdaftar dan diizinkan Menteri Pertanian untuk OPT melati belum ada, namun demikian untuk sementara dapat menggunakan fungisida sebagai-mana tercantum dalam lampiran.

1 komentar:

teddybudiyansyah mengatakan...

apakah embun jelaga ini juga yang ja menyerang tanaman labu?