Kamis, 09 Oktober 2008

Membuat Sari Buah Markisa

Tanaman markisa berasal dari Brasil, yang menyebar sampai ke Indonesia. Di negara asalnya Markisa tumbuh liar dihutan-hutan basah yang mempunyai ratusan Species Passiflora. Di Indonesia, markisa terutama ditemukan di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung dan Sulawesi Selatan.

Empat jenis markisa yang dibudidayakan di Indonesia adalah markisa ungu ( Passiflora edulis var. edulis), markisa konyal (Passiflora lingularis ), markisa kuning (Passiflora edulis var. flavicarpa) dan markisa erbis (Passiflora quadrangularis). Markisa ungu banyak dikembangkan di Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.

Buah markisa kaya vitamin khususnya vitamin C dan vitamin A. Passiflorance yang dikandungnya berkhasiat untuk mengendorkan urat syaraf.

Selain dikonsumsi dalam keadaan segar, daging buah ini juga bisa diolah menjadi sari buah. Sari buah adalah cairan yang diperoleh dengan memeras buah, baik disaring ataupun tidak, yang tidak mengalami fermentasi dan dimaksudkan untuk minuman segar yang langsung diminum. Sari buah markisa memiliki aroma yang keras dan khas dengan rasa yang asam. Jika ditambah pemanis (gula) dan diencerkan maka rasanya akan sangat enak dan cocok untuk dicampur dengan sari buah lainnya.

Cara pembuatan sari buah markisa adalah sebagai berikut:

- ; Pilih buah markisa yang matang dan tidak cacat, cuci bersih dan tiriskan.

- ; Potong buah dengan pisau stainless steel, lalu kerok isinya dengan sendok.

- ; Hancurkan isi buah dengan mixer, lalu disaring dengan kain saring kasar (yang berlubang-lubang besar).

- ; Hasil saringan diblender untuk menghaluskan partikel-partikel dan serat buah, kemudian disaring kembali dengan kain saring halus.

- ; Pada tahapan diatas, dapat ditambahkan air matang (air yang telah direbus) untuk mengencerkan sari buah. Jumlah air seitar 3 x berat hancuran buah. Air yang terlalu banyak menyebabkan sari buah encer dan flavor markisa menjadi lemah.

- ; Tambahkan gula pasir, CMC, dan Na benzoat kedalam sari buah, lalu diaduk rata.

- ; Panaskan sari buah hingga mencapai suhu 800C – 850C selama 10 menit.

- ; Tuangkan ke dalam wadah (botol) dalam kondisi panas, botol yang telah diisi langsung ditutup dalam kondisi panas.

- ; Botol yang telah berisi sari buah markisa kemudian dipanaskan dalam air mendidih selama 30 menit.

- ; Setelah pemanasan selesai, botol diangkat dan didinginkan.

Tidak ada komentar: